Jumat, 18 November 2016

Teks Cerita Sejarah Pengertian, Struktur Serta Contohnya

Teks Cerita Sejarah Pengertian, Struktur Serta Contohnya


Pada artikel ini nanti kita tidak hanya membahas sebatas pengertian saja, tapi kita akan membahas jauh lebih spesifik lagi mengenai Teks Cerita Sejarah itu sendiri seperti struktur dan yang terpenting yaitu contoh teksnya. Oke dari pada berlama-lama langsung saja kita mulai pembahasan kita kali ini, silahkan simak baik-baik.


Apa itu Teks Cerita Sejarah?

Pengertian Teks Cerita Sejarah


Teks cerita sejarah adalah teks yang berisi atau menjelaskan mengenai fakta-fakta yang terjadi pada masa lalu yang asal muasal atau latar belakang terjadinya sesuatu yang memiliki nilai kesejarahan.

Itu dia pengertian dari teks cerita sejarah, untuk selanjutnya yang akan kita bahas yaitu mengenai struktur teks cerita sejarah itu sendiri, berikut pemaparannya.

Struktur Teks Cerita Sejarah

Struktur dari teks cerita sejarah tersusun dari beberapa bagian yaitu orientasi, urutan kejadian atau insiden, dan juga reorientasi. Nah untuk kita akan membahasnya satu persatu sebagai berikut:

1. Orientasi

Pada bagian ini berisi tentang pengenalan atau pembukaan dari teks cerita sejarah. Biasanya berisi mengenai penjelasan singkat dari suatu peristiwa yang diceritakan.

2. Insiden atau Urutan Kejadian
Pada bagian ini berisi mengenai rekaman peristiwa sejarah yang terjadi yang disampaikan menurut urutan kejadian atau waktu dari awal kejadian hingga sampai pada akhir kejadian tersebut. Bagian ini merupakan bagian pokok dari teks cerita sejarah yang biasanya dituliskan secara rinci dan mendetail sehingga para pembaca akan lebih memahami hal apa sebenarnya yang terjadi pada masa lalu.

3. Reorientasi

Merupakan bagian akhir dari teks tersebut. Biasanya pada bagian ini berisi mengenai komentar pribadi dari si penulis itu sendiri mengenai kejadian yang ditulisnya. Namun ada juga beberapa teks cerita sejarah yang tidak menambahkan bagian penutup ini. Itu sah-sah saja karena bagian ini hanya sebagai opsi atau pilihan saja.


Kaidah Kebahasaan Teks Cerita Sejarah



Ciri kebahasaan dari sebuah teks cerita sejarah bisa dilihat dari adanya pronomina atau kata ganti, kata-kata yang menunjukan kejadian, adanya verba material dan juga konjungsi temporal. Berikut detail lengkapnya:


  1. Pronomina (kata ganti), adalah kata yang digunakan untuk mengganti benda dan menamai seseorang atau sesuatu secara tidak langsung.
  2. Verba Material, adalah kata yang digunakan untuk menunjukkan suatu aktivitas yang menggunakan fisik dalam melakukannya, misalnya membaca, melempar, mendorong, dan lainnya.
  3. Konjungsi Temporal, adalah kata sambung yang berguna untuk menunjukkan urutan kejadian dari suatu peristiwa. Contohnya yaitu "kemudian", "setelah", "lalu" dan lainnya.

Sekarang kalian sudah pahamkan mengenai apa itu teks sejarah? Jika sudah kita akan melihat contoh dari teks sejarah itu sendiri, silahkan kunjungi link berikut.

Sekian artikel dari saya mengenai pengertian dan struktur dari teks cerita sejarah, semoga bermanfaat dan jangan lupa like dan share artikel ini ya. Terima Kasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar