Minggu, 20 November 2016

10 Sungai Terpanjang di Dunia yang Melintasi Lebih dari Satu negara

10 Sungai Terpanjang di Dunia – Sungai merupakan salah satu wadah aliran air yang sangat mempengaruhi keseimbangan ekosistem alam. Sungai yang notabene merupakan penghubung antara daratan dan lautan, sering kali memiliki panjang hingga mecapai ribuan meter. Bahkan, sangking panjangnya aliran sungai, beberapa sungai ada yang melintas di lebih dari tiga wilayah daratan negara.
Nah, berbicara mengenai kepanjangan sungai, berikut merupakan 10 Sungai terpanjang di Dunia yang melintasi lebih dari satu negara:

Daftar 10 Sungai Terpanjang di Dunia

Sungai Nil
10 Sungai Terpanjang di Dunia
Predikat sungai terpanjang di Dunia hingga saat ini masih dipegang oleh Sungai Nil yang memiliki panjang sekitar 6.696 km. Sungai ini kabarnya membentang di sepuluh negara yang berbeda yaitu negara Tanzania, Burundi, Rwanda, Kongo, Kenya, Uganda, Sudah Selatan, Ethiopia, Sudan, dan Mesir. Konon, menurut sumber yang kami baca, akhir perjalanan sungai ini sendiri kabarnya ada di Laut Mediterania yang terletak di Benua Afrika.
Sungai Amazon
10 Sungai Terpanjang di Dunia
Peringkat ke dua sungai terpangjang di dunia berhasil ditempati oleh Sungai Amazon. Sungai Amazon merupakan sungai yang membentang di lima negara yang terletak di benua Amerika Selatan. Konon, menurut sumber yang kami baca, sungai ini memiliki hilir sepanjang 6.516 km atau sekitar 4.049 mil.
Sungai Yangtze
10 Sungai Terpanjang di Dunia
Berbeda dengan dua sungai yang sebelumnya, meskipun masuk ke dalam daftar sungai terpanjang di dunia, Sungai Yangtze hanya melintas di satu negara saja yaitu Negara China. Konon, meskipun hanya melintas di satu negara saja, sungai ini tetap memiliki panjang hilir yang fantastis yaitu sepanjang 6.380 km.
Sungai Mississippi – Missouri
10 Sungai Terpanjang di Dunia
Peringkat ke empat sungai terpanjang di dunia ditempati oleh Sungai Mississippi yang terletak di Benua Amerika Utara. Konon, menurut sumber yang kami baca, sungai yang melintasi  Negara Amerika Serikat dan Kanada ini memiliki panjang hilir sekitar 5.969 km atau sekitar 3.709 mil.
Sungai Ob – Irtysh
10 Sungai Terpanjang di Dunia
Sungai berikutnya yang turut masuk ke dalam daftar 10 sungai terpanjang di Dunia adalah Sungai Ob – Irtysh. Sungai Ob-Irtysh merupakan salah satu sungai terpanjang di dunia yang terletak di Benua Asia, tepatnya di Rusia, Kazakhstan, China, dan Mongolia. Konon, setelah melintasi empat negara yang berbeda, sungai sepanjang 5.568 km ini berujung di Teluk Ob yang berbatasan langsung dengan pinggiran Benua Asia.
Sungai Yenisei – Angara – Selenga
10 Sungai Terpanjang di Dunia
Sungai terpanjang di dunia yang selanjutnya juga masih berada di Benua Asia. Sunagai Yensei-Anggara-Selenga merupakan sungai terpanjang ke dua di Benua Asia yang membentang dari mulai Negara Rusia hingga mencapai Laut Kara yang berbatasan langsung dengan Negara Mongolia. Konon, sungai yang membentang di dua negara ini memiliki panjang hilir sekitar 5.550 km.
Sungai Huang He
10 Sungai Terpanjang di Dunia
Sama seperti Sungai Yangtze, Sungai Huang He juga hanya membentang di wilayah Negara China saja. Meskipun begitu, tetap saja sungai ini memiliki bentang hilir yang sangat panjang. Menurut kabar yang beredar, sungai yang berakhir di Laut Bohai ini memiliki bentang hilir sekitar 5.464 km.
Sungai Zaire
10 Sungai Terpanjang di Dunia
Sungai selanjutnya yang juga tergolong ke dalam sungai terpanjang di dunia adalah Sungai Zaire yang memiliki panjang hilir sekitar 4.667 km. Konon, sebelum sampai ke daerah lautan, Sungai ini telah melintas di 8 negara berbeda yang terletak di Benua Afrika.
Sungai Rio De La Plata – Parana
10 Sungai Terpanjang di Dunia
Sungai Rio De La Plata – Parana merupakan salah satu sungai terpanjang di dunia yang terletak di Benua Amerika Selatan. Konon, menurut sumber yang kami baca, sebelum sampai ke hilir, sungai sepanjang 4.500 km ini telah melintasi 5 negara berbeda yang terletak di Benua Amerika Selatan.
Sungai Mekong
10 Sungai Terpanjang di Dunia
Sungai terakhir yang juga tergolong ke dalam 10 sungai terpanjang di Dunia adalah Sungai Mekong. Sungai Mekong merupakan sungai terpanjang ke empat di Asia yang memiliki bentang hilir sepanjang 4.425 km. Konon, menurut sumber yang kami baca, sebelum sampai ke hilirnya yang ada di Laut China Selatan, sungai ini telah melintasi 6 negara berbeda yang ada di Benua Asia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar