Minggu, 20 November 2016

10 Bandara terbesar dan terluas di dunia 2015

BANDARA - Industri transportasi terus berinovasi semakin maju, menyebabkan lalu lintas juga semakin meningkat hari demi hari, dan hal ini terjadi di seluruh dunia, yang juga mengakibatkan kebutuhan transportasi yang lebih besar, lebih luas dan lebih cepat untuk mengakomodasi semua kebutuhan para penumpang, baik itu darat, laut dan udara.
Transportasi udara saat ini bukanlah hal yang baru untuk semua kalangan. Semakin murah ongkos pesawat, telah membuat terobosan baru dalam industri transportasi udara sehingga setiap saat jumlah penumpang semakin waktu semakin banyak.
 
Salah satu alasan konstruksi bandara harus semakin besar adalah lalu lintas penumpang yang semakin banyak. Dan untuk itu kali ini adalah artikel mengenai 10 bandara terbesar dan landasan terluas yang ada di dunia saat ini di tahun 2015.

1. Bandara Internasional Beijing

Bandara ini berada di wilayah timur laut kota Beijing, dan dikelilingi oleh kabupaten Shunyi. Bandara ini dikendalikan oleh perusahaan milik negara, merupakan salah satu bandara tersibuk di dunia. Bandara internasional Beijing adalah salah satu bandara termewah dengan konstruksi mengagumkan dengan rekor telah menerbangkan lebih dari delapan puluh juta penumpang dengan lebih dari setengah juta kali penerbangan. Bandara ini terletak di area seluas 2.330 hektar, menjadi salah satu bandara terluas di dunia.

2. Bandara Internasional Kairo

Bandara internasional Kairo adalah salah satu bandara terbesar di dunia yang terdiri dari berbagai layanan maskapai internasional milik Mesir seperti Alexandria Airlines, AlMasria Universal Airlines, Egypt Air, dan lainnya. Total luas area bandara ini adalah 2.550 hektar, berada di wilayah barat laut kota Kairo. Merupakan bandara tersibuk di wilayah itu dengan total penumpang 14 juta lebih, memiliki tiga terminal utama untuk pemindahan pesawat dan transportasi kargo lalu ada empat terminal lain untuk penerbangan pribadi atau layanan jet eksekutif yang diberdayakan secara independen oleh terminal penumpang komersial.


3. Bandara Internasional O'Hare Chicago

Bandara yang berada di kota Chicago ini dinamai sebagai bandara tersibuk dari seluruh bandara yang ada di Amerika, dan menjadi nomor enam tersibuk di dunia jika dilihat dari sisi jumlah penumpang yang mereka layani. Bandara O'Hare menjadi penghubung transportasi terbesar di Amerika dengan maskapai United Airlines, American Airlines dan Air Choice One. Jumlah penumpang yang pernah dilayani oleh bandara ini adalah lebih dari tujuh puluh juta orang.

4. Bandara Internasional Suvarnabhumi Bangkok

Bandara di Bangkok Thailand ini adalah bandara yang dioperasikan oleh perusahaan dometik yang melayani penerbangan internasional. Jumlah penumpang internasional yang dilayani oleh bandara ini hingga tahun lalu tercatat lebih dari 38 juta penumpang dan 8 juta lebih penumpang dalam negeri. Bandara ini termasuk bandara terluas di dunia dengan area 2.980 hektar. Maskapai paling banyak dibandara ini adalah Asia Atlantic Airlines, Thai Airways, Bangkok Airways. Salah satu keindahan bandara ini adalah konstruksi yang sangat mengagumkan baik di sisi luar, ruang tunggu dan ruang keberangkatan.

5. Bandara Internasional Barajas Madrid Spanyol

Bandara ini adalah bandara terbesar dan tersibuk yang memiliki luas lahan 3.050 hektar dan terletak di wilayah timur laut kota Madrid, telah menerbangkan lebih dar 42 juta penumpang internasional. Merupakan salah satu layanan penerbangan tersibuk di Eropa.

6. Bandara Charles de Gaulle Paris

Aeroports de Paris adalah perusahaan yang mengoperasikan bandara Charles de Gaulle. Terletak di kota Paris dan merupakan tujuan utama untuk maskapai kargo FedEx Express, Air France dan Delta Air Lines. Bandara ini telah melayani lebih dari 62 juta penumpang dan termasuk diantara bandara tersibuk di Eropa. Dengan luas 3.200 hektar, bandara ini memiliki tiga terminal yang terbagi dalam tujuan masing-masing, dimana setiap terminal dibagi lagi menjadi aula tersendiri untuk memberikan kemudahan bagi kedatangan dan keberangkatan.

7. Bandara Internasional Shanghai Pudong China

Bandara Shanghai Pudong adalah salah satu bandara yang penting untuk penerbangan internasional yang menjadi rumah untuk pesawat Shanghai Airlines, China Cargo, FedEx, DHL, Asian Airlines dan beberapa maskapai lain. Merupakan salah satu bandara tersibuk di China dengan luas 3.350 hektar, telah menerbangkan lebih dari 50 juta penumpang pada tahun lalu.

8. Bandara Internasional Forth Worth Dallas, AS

Bandara ini berada di kota Dallas dan Fort Worth adalah bandara yang paling dikenal di seluruh Amerika Serikat. Bandara ini adalah bandara ketiga terbesar di dunia dengan luas area bandara adalah 7.800 hektar dan menjadi rumah bagi beberapa maskapi terbesar di Amerika seperti American Airlines, UPS, dan lainnya. Memiliki lima terminal yang mengoperasikan 165 pintu keberangkatan.

9. Bandara Internasional Denver, AS

Bandara ini adalah bandara terluas dan terbesar di Amerika dengan luas wilayah 13.726 hektar, dan menjadi bandara terluas kedua di dunia. Merupakan rumah bagi maskapai seperti United Airlines dan Frontier. Departemen penerbangan kota Dallas mengoperasikan bandara raksasa ini, mejnadi bandara terbaik di Amerika.

10. Bandara terluas di dunia King Fahd, Arab Saudi

Inilah bandara terbesar di dunia dengan luas wilayah 78.000 juga menjadi yang terluas dunia, sebagai bandara internasional, berlokasi di barat laut kota Dammam Arab Saudi. Dioperasikan oleh perusahaan umum otoritas penerbangan sipil dan telah beroperasi sejak lima belas tahun lalu, dan menjadi penghubung utama untuk Arab Saudi. Bandara ini merupakan salah satu bandara paling eksotis dengan konstruksi dan arsitektur yang sangat memukau. Tidak mengherankan jika negara ini memiliki bandara semewah itu, meski sangat luas, namun tertata dengan apik. Mungkin tahun 2016 mendatang, salah satu bandara terbesar dunia yang akan masuk rekor 10 besar adalah bandara di Doha Qatar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar