Minggu, 20 November 2016

10 Danau Terbesar di Dunia yang Sangat Menakjubkan

10 Danau Terbesar di Dunia – Danau pada dasarnya merupakan wilayah perairan sempit yang terletak di daerah daratan. Jika dibandingkan dengan laut, luasan sebuah danau dapat dibilang tidak ada apa – apanya. Meskipun begitu, di beberapa daerah, ada juga danau yang berukuran sangat luas. Bahkan sangking luasnya, beberapa danau sering juga disebut sebagai laut sempit yang berisi air tawar.
Nah, berbicara mengenai luasan danau, berikut merupakan daftar 10 danau terbesar di Dunia yang sangat menakjubkan

Daftar 10 Danau Terbesar di Dunia

Danau Kaspia
10 Danau Terbesar di Dunia
Hingga saat ini, predikat danau terluas di dunia masih ditempati oleh Danau Kaspia yang memiliki luasan sekitar 394.299 km2. Sangking luasnya wilayah perairan yang dimilikinya, Danau Kaspia sering juga disebut Laut Kaspia yang berair tawar. Hal ini memang wajar saja mengingat luas bentang perairannya yang meliputi dua benua dan juga lima negara sekaligus yaitu Azerbaijian, Rusia, Kazakhstan, Turkmenistan, dan Iran.
Danau Superior
10 Danau Terbesar di Dunia
Danau terluas di dunia yang kedua adalah Danau Superior. Jika dibandingkan dengan Danau Kaspia, danau Superior pada dasarnya tergolong memiliki luasan wilayah yang agak sempit yaitu hanya 82.414 km2 saja. Meskipun begitu, untuk ukuran sebuah danau, luasan ini tentunya sudah tergolong sangat luas mengingat definisi danau adalah perairan sempit yang terletak di daerah daratan.
Danau Victoria
10 Danau Terbesar di Dunia
Danau Victoria merupakan danua seluas 69.485 km2 yang terletak di dua negara yang berbeda yaitu Negara Tanzania dan Uganda. Danau yang merupakan danau terluas ke tiga di dunia ini kabarnya hanya memiliki tingkat kedalaman air mencapai 88 meter. Tingkat kedalaman ini tentunya tergolong cukup rendah mengingat luas wilayahnya yang sangat besar.
Danau Huron
10 Danau Terbesar di Dunia
Danau Huron merupakan danau terluas keempat yang terletak di Benua Amerika bagian Utara. Danau Huron memiliki luas wilayah perairan mencapai 59.596 km2. Konon, meskipun luas wilayah perairannya ini tidak lebih besar dari pada luas Danau Victoria, akan tetapi tingkat kedalaman danau ini jauh lebih besar dibandingkan dengan danau Victoria yaitu mencapai 229 meter.
Danau Michigan
10 Danau Terbesar di Dunia
Danau selanjutnya yang juga termasuk ke dalam daftar 10 danau terbesar di Dunia adalah Danau Michigan. Sama seperti halnya Danau Huron, Danau Michigan juga terletak di Benua Amerika Bagian Utara. Meskipun begitu, danau ini memiliki luas wilayah yang sedikit lebih kecil dibandingkan dengan luas wilayah Danau Huron, yaitu hanya sekitar 58.016 km2 saja.
Danau Tanganyika
10 Danau Terbesar di Dunia
Danau Tanganyika merupakan danau seluas 32.893 km2 yang terletak di dua negara berbeda yang ada di Benua Afreika yaitu Republik Kongo dan Tanzania. Konon, meskipun luas danau ini hanya sekitar 1/3 dari luas Danau Superior, akan tetapi tingkat kedalaman danau ini setara dengan tingkat kedalaman Danau Superior.
Danau Baikal
10 Danau Terbesar di Dunia
Danau terluas yang selanjutnya adalah Danau Baikal. Danau Baikal merupakan danau seluas 31.500 km2 yang terletak di Benua Asia, tepatnya di Negara Rusia. Konon, meskipun luasnya jauh lebih kecil dibandingkan dengan Danau Kaspia, Danau Baikal memiliki tingkat kedalaman air maksimal yang jauh lebih besar yaitu mencapai 1.741 meter.
Danau Great Bear
10 Danau Terbesar di Dunia
Danau Great Bear merupakan danau seluas 31.080 km2 yang terletak di Benua Amerika bagian Utara, tepatnya di Negara Kanada. Menurut sumber yang kami baca, Danau ini diberi nama Great Bear karena sering dijadikan sebagai tempat bermain beruang yang hidup di daerah hutan Negara Kanada.
Danau Nyasa
10 Danau Terbesar di Dunia
Danau Nyasa merupakan danau terluas ke sembilan di dunia yang terletak di tiga negara berbeda yaitu Negara Malawi, Mozambik, dan juga Tanzania. Terletak di tiga negara yang berbeda, danau ini memiliki luas sebesar 30.044 km2.
Danau Great Slave
10 Danau Terbesar di Dunia
Danau terakhir yang juga termasuk ke dalam daftar 10 danau terbesar di Dunia adalah Danau Great Slave. Sama seperti halnya Danau Great Bear, Danau Great Slave juga terletak di Negara Kanada. Danau ini memiliki luas wilayah perairan sebesar 28.930 km2 dan tingkat kedalaman maksimal mencapai 614 meter di atas permukaan air.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar